Penyebab Kecepatan Aus Cat Marka Jalan

Mungkin anda sering menemui kejadian semacam itu di jalanan Indonesia, ada perbedaan di lajur nasional, provinsi, dan di kabupaten. Selain dari sisi aspalnya yang jauh berbeda, marka yang ada pun sangat jauh dari prakiraan. Jalan di daerah kecil seperti kabupaten biasanya memiliki kualitas marka yang sangat buruk. Lalu apa penyebab kecepatan aus cat marka jalan sebenarnya?

Marka Jalan Aus atau Luntur

penyebab kecepatan aus cat marka jalan

Sebenarnya aus atau tidak merupakan hal yang pasti terjadi dalam melakukan pengecatan pada konstruksi marka ataupun rambu jalan. Setiap material pasti tetap akan aus karena adanya berbagai faktor. Sehingga menjadi hal yang normal apabila orang memperbaiki barang lalu rusak kembali. Namun, kita harus memperhatikan hal-hal seperti usia atau durasi penggunaan dalam marka itu sendiri. Karena kita tidak bisa melakukan pengecatan secara rutin, kita dapat melakukannya dengan memilih cat yang tepat.

Untuk mengetahui sejauh mana cat yang baik, maka anda harus mengetahui apakah yang menyebabkan warna marka jalan cepat aus. Banyak hal memengaruhi hal ini, bukan hanya satu faktor saja. Inilah yang akan menjadi sarana untuk memperbaiki adanya kesalahan menahun tersebut. Lantas apa saja sih sebenarnya penyebab dari ausnya marka jalan itu sendiri? Berikut ulasannya!

Baca juga: Rekomendasi Bahan Cat Marka Jalan Tidak Mudah Luntur

Mengetahui Asal Muasal Penyebab Ausnya Cat Marka Jalan

Anda pasti lelah kan apabila mendapat komplain dengan hal yang sama dari waktu ke waktu dan sampai sekarang belum mengetahui solusi yang tepat. Maka dari itu bersama-sama mari membedah apa yang menjadi faktor ausnya cat tersebut sehingga tidak ada lagi masalah yang terulang. Adapun berikut ini merupakan apa-apa saja yang menyebabkan kecepatan aus cat marka jalan semakin meningkat yaitu:

Kualitas resin dalam konstruksi yang terhitung rendah

Campuran resin yang ada harus di perbanyak, karena inilah yang paling sering menjadi konflik. Ketika kadar resin yang ada tidak memenuhi standar, inilah yang menyebabkan tingkat adhesi yang buruk, sehingga kecepatan aus cat marka jalan semakin besar. Pigmen cat dan perekat jalan tidak bisa tercampur sempurna, sehingga menyebabkan kondisi ini. Pemilihan cat thermoplastic yang tepat menjadi solusi agar cat tidak mudah luntur dengan melihat manakah yang memiliki kadar cat dan resin yang pas.

Pemanasan cat thermoplastic yang belum sempurna

Karena konsistensi dua bahan pada thermoplastic yang berbeda, maka sudah seharusnya terdapat alat lain untuk memanaskan kedua komposisi tersebut. Anda tidak dapat menggunakan peralatan konvensional biasa untuk mengecat rumah pada pengecatan marka jalan karena berisiko tinggi untuk cepat aus. Ketika Anda melakukannya, cat akan mudah luntur dan tidak tahan terhadap cuaca terik matahari, yang akan menyebabkan warna tersebut mengelupas dan menempel pada roda-roda kendaraan pengguna jalan.

Permukaan jalan ataupun beton yang tidak rata dan bersih sempurna

Alasan teknis yang seringkali dilewatkan oleh para kontraktor marka jalan sehingga cat mahal yang dipilih akan berujung pada nihil semata. Untuk menghindari cepat ausnya marka jalan, Anda harus membersihkannya sebelum pengecatan, bahkan debu juga harus di hilangkan secara total. Sebab cat dan resin tidak akan menempel sempurna ketika masih terdapat material lain yang menutup lokasi yang akan dicat itu sendiri.

Baca juga: 7 Fungsi Marka Kejut di Jalan Raya

Menjadi Bijak Secara Teknis dan Materialis

Karena konstruksi tidak bisa lepas dari kedua hal tersebut, maka justifikasi penyebab kecepatan aus cat marka jalan karena pemilihan cat yang salah tidak sepenuhnya benar. Anda perlu mempertimbangkan teknis dan cat tentunya untuk menghasilkan marka jalan yang sempurna. Sebab tidak ada gunanya ketika menggunakan cat dengan kualitas nomor satu namun teknik yang digunakan salah. Diperlukan penyesuaian kebutuhan dan kondisi aspal agar cat tidak cepat aus karenanya.

Scroll to Top